Kamis, 17 Mei 2012

Cara Memperbaiki Monitor LCD Rusak


Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang beralih menggunakan Monitor jenis LCD, bahkan sekarang sudah ada teknologi baru yaitu Monitor LCD dengan menggunakan LED sebagai Backlight-nya sehingga menciptakan gambar yang benar-benar tajam.
 Kerusakan pada Monitor umumnya sering terjadi pada Blok Regulator.  Pada Blok ini di masing-masing merk memiliki tegangan output masing masing.  Untuk Monitor LCD yang tidak ber-merk (tidak terkenal) biasanya hanya menggunakan tegangan 5 volt saja, namun untuk merk lain biasanya ada dua buah tegangan yaitu 5 volt dan 12 volt.
 Yang sering Saya temui adalah kerusakan Monitor di bagian Regulator atau sering disebut Power Supply.  Jika pada bagian ini rusak, maka hal yang akan timbul adalah Monitor seolah mati total padahal mungkin yang mati hanya Regulator yang menyuplai tegangan ke rangkaian Backlight.
 Tegangan untuk Mainboard dari Monitor itu sendiri adalah 5 volt, selain tegangan itu biasanya adalah tegangan untuk backlight.  Jika pada saat Anda menyalakan Monitor tapi tidak muncul sama sekali gambar, jangan langsung mem-vonis mati total.  Cek apakah Lampu Power Indikator menyala.  Jika menyala maka ada kemungkinan yang mati hanyalah Backlight-nya saja.  Tapi jika Lampu Indikator menyala tidak wajar atau remang remang maka yang patut kita curigai adalah elco Regulator yang kemungkinan sudah berubah nilai.
 Saran Saya jika Anda kebingungan untuk memperbaiki rangkaian Regulator karena saking rumitnya, dan tidak ingin keluar biaya banyak, Anda bisa mengganti rangkaian Regulator Monitor Anda dengan rangkaian Regulator DVD Player asalkan tegangan yang terpasang ke Mainboard dan Backlight sama.
 Semoga pengalaman Saya bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah terhadap Monitor LCD.

Bookmark and Share

1 komentar:

  1. Ceramic or Titanium Flat Iron? - TITIAN ART
    Ceramic or 2020 edge titanium Titanium Flat Iron? Ceramic or Stainless Steel? titanium chloride titanium trim as seen on tv ceramic or Titanium Flat Iron? Copper Flat Iron? Copper Flat Iron? titanium nose jewelry Gold Flat Iron? Iron Flat Iron? Copper Flat Iron? black titanium ring Gold Flat Iron? Copper Flat

    BalasHapus

Silahkan budayakan berkomentar yang baik dan sopan.

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 solusi komputer is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger